Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Blog Diantara Sosial Media yang Eksis





Selamat hari blogger nasional ke 12 buat anda yang merayakan. Ya yang gak merasa kan bingung aja kalau tiba-tiba tengah malam ada yang ngetok pintu kamar bawa martabak sisa diatas leptop terus dapet surprise taraa selamat hari blogger nasional apa gak apa kali cak lah sungguh acara settingan.

Mungkin sebagaian blogger sudah pada tahu adanya hari blogger nasional jatuh pada tanggal 27 Oktober setiap tahunnya. Yang tahun 2019 ini menjadi tahun ke 12. Sudah 12 tahun saja ya, untuk usia anak manusia itu bentar lagi masuk SMP. Pertama kali dicanangkan saat Pesta blogger 27 Oktober 2007 oleh Menteri Komunikasi RI, Muhammad Nuh pada tahun 2011, Pesta Blogger berubah menjadi event On Off Indonesia (OnOffID). Hingga kini, event On Off Indonesia masih dirayakan oleh para blogger. (https://tirto.id/eiLl#top)

Hari Blogger Nasional tidak lagi sekadar mempertemukan para blogger Indonesia, namun juga menggabungkan dengan unsur bisnis. Dalam  event tersebut menekankan pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat jadi gak hanya tempat curhat doang. Yups yang dulunya aku menggunakan blogger sebagai diary elektronik sekarang memiliki fungsi yang lebih kompleks kawan-kawan.

Aku pribadi kenal blog tahun 2008 ketika SMP kelas 3 setelah baca bukunya Raditya Dika langsung meluncur ke blog nya. yang terlintas dikepala pertama kali adalah ‘absurd, ternyata aku gak sendirian men’ dari situ lah awal mula nulis di blog.

Awal buat blog justru SMA kelas 1 saat masuk ekskul Kelompok Ilmiah Remaja dan ada materi pembuatan blog. Isi blog ku ya tulisan receh, tugas sekolah beberapa tulisan fiksi seperti puisi & cerpen. Tapi ngeblog gak bertahan lama setelah kenal yang namanya facebook mau gak mau kami harus punya akun facebook untuk memenuhi syarat tugas pelajaran bahasa Jepang. Tugasnya adalah harus punya kawan orang jepang terus ngobrol pakai bahasa jepang. Ngomong bahasa Jawa aja aku pake kamus hidup, bahasa Indonesia kadang tebalek-balek lah ini.

Saking naif nya dulu kenapa gak kepikiran bakal terjadi penculikan, perdagangan manusia atau pelecehan lewat sosial media ya. Usai facebook, twitter mulai naik daun lewat kicauan nya dengan konsep lebih simple dan terbatas. Kalau bukan karena diajak kawan ikutan lomba foto lewat twitter mungkin aku gak bakal punya akun twitter. Alhamdulillah juara 3 jadi gak nyesel-nyesel kali buat twitter.

Sebagaimana pesat nya perkembangan sosial media mulai dari facebook, twitter instagram dan sekarang banyak yang merambah ke youtube. Sedangkan log akan tetap stay cool calm bin santuy mengiringi setiap langkah mereka. Ya kerena ujung-ujungnya kalau mau cari informasi kembali ke google. Apalagi kini banyak vendor-vendor yang mempercayakan blogger sebagai media promosi produk atau event bisnisnya melalui blog.  

Apapun itu di hari blogger nasional ini aku mau mengucapkan selamat hari blogger nasional buat para blogger. Semoga tetap rajin posting content yang bermanfaat mempunyai identitas yang kuat di setiap halamanya. Gak harus tunggu ada event baru posting yekan. Dan yang pasti tetap mengutamakan fakta, no HOAKS.

Karena setiap ulasan yang kita ketik akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat kelak. Semoga blog bisa menjadi salah satu jalan amal jariah buat kita semua baik blogger maupun pembaca. Aamiin…

Posting Komentar

0 Komentar