Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Kembang Telang, Si Biru yang Terabaikan

 
penampakan tanaman telang di halaman rumah yang tertangkap kamera

Kawan-kawan sudah pada kenal belum dengan si biru telang yang kaya manfaat?. Sebagian besar masyarakat Indonesia terutama di pulau Jawa sudah awam dengan bunga yang bernama latin Clitoria ternatea atau Butterfly pea flower. Bunga ini biasa di jumpai di pekarangan rumah sebagai tanaman hias atau di semak-semak pinggir hutan. Berasal dari Asia tropis dan menyebar keseluruh Negara tropis lainnya, bahkan banyak yang membudidaya telang setelah mengetahui manfaatnya. 
 
sumber wikipedia , bukan tokopedia


Namun masih banyak dari kita yang mengabaikan si biru unyu ini, pernah suatu hari saya pergi ke cafe di kota Medan ketika pesan menu di tempat pesan nya itu kan aku melihat sebungkus kembang telang kering kepo ku keluar, mana tau ada menu teh telang disitu kan lumayan.

‘Bang itu kembang Telang ya ?’ sambil nunjuk bungkusan di pinggir meja.
‘hah apa mbak? oh ini mbak, gak tau mbak ini untuk hiasan makanan aja. Apa tadi namanya mbak?’
‘Telang bang, Te E El a eng. Ini bisa dibuat teh bang sama pewarna makanan juga’ ngapa jadi aku yang jelasin yak.
‘ Oooh gitu.’

            Atau jangan-jangan sebenarnya di sekitaran rumah kamu ada tanaman ini sedang menjalar bebas kemana – mana karena menyemak akhirnya dipapras gitu aja.? Hayo hayo.. 

Padahal Kembang telang memiliki kandungan Fenoldel,  phirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur, dan ca-oksalat (silahkan googling untuk lebih jelasnya).  Yang mampu mengobati berbagai penyakit diantaranya :

Mengobati gangguan penglihatan, sebagian masyarakat meneteskan air rendaman kembang telang pada mata bayi agar mata menjadi bening dan menghilangkan kotoran bawaan saat dalam kandungan. Ternyata secara ilmiah terbukti ekstrak bunga telang bisa menghambat  pertumbuhan bakteri penyebab sakit mata (konjungtivitis), yaitu Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, dan Bacillus substilis. Konjungtivitis adalah radang di sekitar selaput mata sehingga mata berwarna kemerahan, biasanya menyebabkan mata berair dan terasa gatal. Subhanallah…

Mengobati gangguan telinga, tidak hanya bunganya yang bermanfaat daun dari bunga telang bisa mengobati gangguan telinga dengan cara mengoleskan air rendaman daun telang yang telah dicampur sedikit garam. Tapi saranku juga cegah lah sakit kuping itu dengan kurang-kurangi pemakaian headset, dan mendengarkan ghibah.

            Selanjutnya mengobati bisul, buat kamu yang punya kerabat langganan bisulan (abses) kembang telang bisa menyembuhkan bisul secara alami. Caranya tumbuk beberapa kembang telang lalu campur dengan gula jawa kemudian balurkan pada bisul sebagai obat luar. Selamat mencoba.

            Selain sebagai obat, warna biru pada kembang telang biasa digunakan untuk pewarna makanan alami seperti halnya daun pandan. Di Thailand sudah lebih dulu menggunakan ekstrak kembang telang atau nam dok anchan pada jajanan pasarnya.

biar gak hoax


Belakang menggunakan air rendaman kembang telang sebagai pewarna makanan mulai trend di Indonesia, seperti untuk nasi Kuning menjadi nasi biru, puding, kue dadar, dan jajan pasar lainnya. selain lebih sehat, mengganti pewarna sintetis dengan ekstrak kembang telang lebih  bermanfaat. Next aku akan posting beberapa makanan eksperiment ku dengan melibatkan si Telang ini.

biji telang bentuknya mirip kacang hijau.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Kok warna nya unyu kali kak, gak kuat mau makan olahan nya😅 terlalu cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pemikiran gak tega gak tega gini sebenarnya bisa jadi metode diet ini 😂

      Hapus