Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Risol Vegetarian, Camilan Anti Alergi

 

Risol, siapa yang tak kenal dengan panganan satu ini. Kue yang sudah ada sejak abad ke-13 ini berasal dari negeri Belanda ressole yang berarti pastry berisi daging. Lembaran kulit pastry yang diisi dengan tumisan sayuran seperti wortel dan kentang ada juga yang diisi daging sapi atau ayam digulung lalu dibaluri tepung panir dan digoreng. Risol sendiri awalnya terbagi menjadi dua jenis yaitu risol sayur dan risol rougut. Kini varian risol ada juga yang berisi selai coklat dan isian manis lainnya.

Itulah sedikit info tentang risol ya, jadi karena risol sudah menjadi makanan favourite di berbagai kalangan mulai dari anak – anak, remaja, orang dewasa, orang dewasa kekanak-kanakan, dan lintas usia lainnya. tapi ada juga kaum yang gak bisa makan risol nikmat itu kawan? Dia adalah aku. Bukan, bukan karena gak sanggup beli. Tapi karena salah satu bahan pembuatnya adalah daging ayam, sapi, telur atau udang kecepe sebagai perencah campuran bumbunya. Sedangkan waktu itu aku sedangan diet protein hewani karena divonis dokter intoleran protein hewani kadar tinggi. Kalau udah kambuh efeknya kaki bengkak jadi gak bisa jalan semingguan (bukan curhat).

Jiwa – jiwa gak tenang ku muncul yakan, masak iya aku cuma makan tahu tempe doang kan pingin ngemil yang lain juga. Alhasil setelah searching sana sini konsultasi sana sini akhirnya ku menemukan resep risol nikmat yang eggless, chikenless, kecepe-less, micin-less. Bahagia dong. Jadilah langsung eksekusi.

Karena telah berhasil dengan ujubnya memuji diri sendiri sambil makan sendiri. Suatu ketika ada customer kyokue (bisnis kue online ku) pesan paket kue kotak tapi menu nya gak ada kandungan unsure hewani nya. langsung lah ku kasih rekomendasi risol vegan ini yekan. Awalnya dia ragu setelah ku jelaskan komposisi nya akhirnya deal. 

            Baiklah langsung saja kita eksekusi, MARKISAK .. Mari.. Kita.. maSAK….!!!





Bahan Isian :


  • 500 gr wortel
  • 500 gr kentang
  • 10 cabe merah
  • 5 siung bwang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 buah bawang Bombay
  • 1 sdt lada
  • ½ sendok kaldu jamur merk Bertolli (bisa di beli di supermarket)
 

Cara Membuat :

1.    Wortel dan kentang dipotong dadu-dadu kecil (gak perlu diukur pake rol nanti lama, serius) cuci bersih.

2.    Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih.

3.    Ok, sudah ready. Panaskan minyak masukkan bawang Bombay cincang, bumbu halus masak hingga layu.

4.    Masukkan wortel dan kentang tumis hingga layu.

5.    Beri air secukupnya hingga sayuran empuk. Tambahkan kaldu jamur, lada, gula & garam. Koreksi rasa jika sudah empuk matikan api. Isian siap digunakan,


NB: ada golongan vegetarian yang tidak makan Bawang-bawangan jadi bisa di skip. Tapi wortel dan kentang harus di rebus dulu agar tidak langu, gitu gaes. Ok lanjut ya

Membuat Kulit Risol :
  • 500 gr tepung terigu segitiga biru
  •  50 gr tepung tapioka/ kanji
  • 1 cangkir kecil minyak goreng
  • Sejumput garam
  • Air (takar pande-pandelah)


Cara Membuat :

1.    Campur semua bahan aduk sampai tidak menggumpal

2.    Saring , jika masih terasa kental bisa ditambahkan air tapi jika terlalu encer kulit akan mudah robek. Nah disinilah feeling touch of heart seorang tukang risol dipertaruhkan, kalo suntuk bisa robek, gosong ntah hapa-hapa lah. masak risol itu bisa jadi terapi kejiwaan seseorang juga misalnya menurunkan kadar temperamental dan belajar sabar. Ku rasa Joker kalo belajar bikin risol sama aku gak akan jadi jahat dia, paling buka toko kue online. (ya Lord nyaring adonan aja panjang cerita ya )

3.    Kulit yang sudah matang kita beri sesendok isian lalu gulung. Celup kedalam cairan tepung yang lebih encer lalu baluri dengan tepung panir. Lebih baik diletak dikulkas dulu kemudian goreng sampai kecoklatan. Risol siap dihidangkan.




Risol yang belum di goreng kalau diletak di frizzer akan tahan sampai 2 minggu, jika di chiller tahan 3 hari.  Sedangkan risol yang sudah digoreng jika diletakkan diatas meja hanya tahan 5 menit karena habis diganyang.
 


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Gak takut bakal ada saingan kyokue membagikan resep rahasia perusahaan sebegitu mudahnya. XD

    eh, mampir juga ya je tulisan awak hari ketiga di 7haringeblog tentang hapus url indeks
    aizeindra.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kan yg vegetarian, yg biasa kan yg nggk.
      Beda tangan beda rasa tuh

      Hapus