Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

4 makanan Indonesia yang Rendah Kalori


 Makanan rendah kalori tetap bikin kenyang.

Bagaimana kabarnya para pejuang diet? Oh salah para pejuang hidup sehat? Apakah progress nya berjalan lancar atau stuck karena jarum timbangan ogah geser ke kiri?. Jangan khawatir saya doakan semoga segera termotivasi kembali dan memicu semangat untuk kembali menjalankan pola hidup sehat.

Hal - hal yang termasuk dalam pola hidup sehat antara lain yaitu olaharaga rutin walaupun sebentar, selalu berfikir positif dan pola makan. kali ini saya mau sedikit memaparkan menu makanan sehat yang rendah kalori.  Dengan demikian kita bisa mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan kalori kamu nih. Sepengetahuan aku sih nurunin berat badan itu simple tapi keras rumusnya 

defisit kalori + bakar kalori lemak tubuh = berat badan ideal

Kalau aku pribadi suka – suka aja dengan makanan ini mau dengan atau tanpa nasi. Tapi namanya orang Indonesia belum makan kalo belum makan nasi. Lagian buat yang lagi program diet nasi itu gak bisa disalahkan sepenuhnya loh.  Ya kali katanya gak makan nasi tapi ngemil yang tinggi gula intens. 

Menu sehat rendah kalori 

 Berikut beberapa menu sehat rendah kalori yang pastinya enak :
 
4 makanan Indonesia yang Rendah Kalori
sayur sop / @dapur bamari

1.      Sayur Sop 72 kalori/ Porsi

Masakan berkuah dari kaldu daging sapi ataupun ayam yang dicampur dengan sayuran seperti wortel, kentang, kol, brokoli dan lainnya. rasanya yang gurih dan berempah membuat penikmatnya tidak pernah bosan. Sangat cocok dimakan disaat musim penghujan dengan pendamping nasi putih , kerupuk dan sambal kecap. Sayur sop memiliki kalori sebesar 72 kalori/ porsi nya. jadi tidak perlu khawatir kalau harus makan banyak tapi jangan kebanyakan juga ya.

 
4 makanan Indonesia yang Rendah Kalori
sayur asam / @tsaniwismono

2.      Sayur Asem 80 kalori / porsi


Sayur asam juga merupakan sayuran berkuah seperti sayur sop. Namum berbeda karena Bahan-bahan yang sering digunakan adalah kacang tanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, dan asam jawa. Sering juga digunakan jagung dalam masakan ini.

Rasanya yang asam manis segar cocok jika dipadukan dengan lauk kering lainnya seperti ikan goreng dan lalapan. Sering juga masakan ini disajikan dengan sambal. Masakan ini mirip dengan masakan Tom Yam asal Thailand.  Sayur asam memiliki kalori 80 kalori / porsinya. 
 
Sayur Asem sendiri memiliki ciri khas yang berbeda-beda tiap daerah tapi sama-sama nikmat. 


4 makanan Indonesia yang Rendah Kalori
tumis tahu tauge /dhenik.dhee

3.      Tumis Tahu Tauge 145 kalori / porsi (300 gr)


Menu ini bisa dibilang menu praktis yang tinggi nutrisi. Karena membuatnya mudah dan membutuhkan bahan sederhana seperti tauge yang kaya akan vitamin E, tahu yang tinggi protein ditumis dengan irisan bawang dan cabai serta bumbu lainya tumisan siap disajikan. Kalori yang terkandung dalam menu ini 145 kalori / porsi (300 gr). Makan seporsi tanpa nasi sudah bikin kenyang.

4 makanan Indonesia yang Rendah Kalori
urap @dapur_susmi

4.      Urap 112 kalori / 100 gr


Menu ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya salad khas jawa ini tidak pernah absen dalam menu nasi bancakaan acara syukuran atau hajatan. Setiap daerah memiliki ciri khas urap nya masing -  masing. Di daerah Bali makanan sejenis dinamakan Lawar walaupun sedikit berbeda dalam pembuatan dan bahannya. Dalam 100 gr urap mengandung 112 kalori. 

kalau menu dietnya kayak gini malah gak kayak diet. Bagi yang sedang melakukan program penurunan berat badan, menu diatas bisa dijadikan menu makan sehari hari tanpa takut kekurangan gizi dan kelebihan kalori. Karena diet gak perlu nyiksa. Selamat berjuang
 



Posting Komentar

2 Komentar

  1. Tetap pilih yang sedang-sedang saja, karena kalori itu kita butuhkan. Hanya, kalau kita congok kali banyak makan, rendah kalori itu jadi solusi. Gitu ya kan kak? Kalau salah, maklumin aja ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Right, sesuatu yg berlebihan tetap gak baik bang.

      Hapus