Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Hidangan Penyambut Musim Pancaroba

Masih di permulaan tahun 2017 kita sudah mulai merasakan perbahan cuaca dari musim hujan yang sering kini mulai teras terik – terik panas di siang hari, bagi ibu – ibu muda yang memiliki baby ini merupakan berkah karena popoks si dedek jadi cepat kering.

hidangan sehat
Sebuah nikmat yang tak terhingga bisa tinggal di daerah tropis karena tidak perlu menderita dengan perubahan musim yang cukup panjang, walaupun sedang musim hujan masih ada sesekali panas, meski panas ada sesekali hujan.

Apalagi di hari sabtu minggu sudah dipastingan kalau tanggal muda, dan musim orang nikah dijamin jadwal pawang hujan  padat merayap, memindahkan hujan.
Prakiraan cuaca yang tak menentu siang panas terik  lalu hujan dimalam hari seolah medan memiliki 2 musim dalam sehari. Cuaca ekstrim yang terjadi berdampak pada kondisi kesehatan seseorang.
Apalagi bagi masyarakat perkotaan yang setiap harinya melakukan aktivitas di luar rumah tentu ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatanya. Jika pertahanan dari dalam tidak kuat maka penyakit akan mudah menyerang. 

seperti  pepatah lawas yang sering kita dengar sedia payung sebelum hujan, agaknya selalu menjadi tepat ketimbang penyesalan diakhir waktu akibat kurang perjuangan.  Maka sebaiknya kita membentengi harta berharga keluarga kita dari hal yang sederhana yakni mulai dari meja makan.
Yups mari kita mulai dengan menyediakan menu makanan sehat penjaga imun tubuh. Berikut saya rekomendasikan asupan yang baik di musim pancaroba ini.

Sayur Bening Atau Sop – Sop-an
menu sehat

menu berkuah dengan berbagai isian sayur seperti wortel kentang kembang kol, brokoli dan lainya. Selalu menjadi menu andalan saat musim hujan sebagai penghangat tubuh karena ada berbagai rempah seperti :  jahe, kayu manis, cengkeh. Selain itu juga sebagai anti dehidrasi di musim kemarau karena kandungan air yang tinggi.

Steam ikan / pepes
Ikan yang kaya kandungan asam amino yang baik untuk otak. Sumber protein hewani yang terbilang murah ketimbang daging dan ayam ini selalu nikmat diolah menjadi ikan goring dengan sambal dan lalapan ataupun dengan balado. Bagi yang sedang mengurangi minyak goreng, mengolah ikan dengan cara di pepes atau steam dengan tauco sangat nikmat di makan kapan saja dengan nasi hangat semua terasa surga dalam satu suapan. 


Buah-buahan
jus sehat
Buah – buahan yang kaya vitamin dan anti oksidan selalu menjadi primadona peningkat daya tahan tubuh. Membuang racun dan menyegarkan. Namun justru  buah – buahan yang memiliki kandungan vitamin yang tinggi justru sering tidak disukai karena rasanya yang kurang nikmat. Buah buahan yang tinggi vitamin justru berasal dari negeri sendiri loh  seperti pisang, pepaya, jambu biji, tomat dan jeruk. Untuk masyarakat Medan sendiri buah- buah ini tidak sulit didapat karena banyak ditanam di daerah Brastagi dan mudah diperoleh di pasar. 

Agar tetap bisa dinikmati khasiat dan rasanya, kita bisa mengolahnya menjadi jus, smoothies, sorbet dengan dicampur sayuran lain atau dijadikan rujak serut
Cemilan
Bagi kaum hawa cemilan sepertinya menjadi hal wajib seperti halnya lipstick di tas. Karena selain sebagai pengganjal mata agar tidak ngantuk saat bekerja, cemilan juga dijadikan tameng saat perut lapar sebelum jadwalnya. Cemilan yang tinggi kalori, garam, namun rendah serat, menjadikan penimatnya mudah gemuk. Gantilah cemilan dengan biskuit kaya oats, kacang – kacangan seperti edamame,  kedelai rebus, dan buah potong. 


Perbanyak minum air

wedang jahe
Air sumber anti dehidrasi penting untuk menjaga pasokan dalam tubuh. Sesekali minum lah  air kelapa muda sebagai sumber ion yang baik. Wedang jahe dan bandrek cukup manjur diminum saat malam hari di kala hujan agar ubuh tidak mudah masuk angin.

Selain beberapa asupan di atas, olah ,raga ringan dan teratur juga diperlukan untuk menyeimbangankan kalori yang masuk. Dan juga melatih anggota tubuh agar tidak kaku.
Tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, maka kita juga harus menjaga pola fikir agar tetap bersih. Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan agar tidak kehilangan jati diri.

Selamat mencoba semoga selalu sehat jiwa raga, dan siap menyambut musim pancaroba. amin

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Abis baca postingan sebelumnya yang buat ngekeh..masuk ke sini yg bahasanya gak ada "kyo" nya..
    Rasanya gimanaa gitu.

    Komentar macam apa ini :')

    pertiwisoraya.com

    BalasHapus