Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Sadari dan Cegah Risiko Penyakit Jantung Sejak Dini bersama Nutrive Benecol

gerakan jantung sehat. kakak ini jantungnya sehat loo. gak ada yang mau jadi jantung hatinya?


Hari minggu kemarin abang saya yang nomor dua berkunjung ke rumah. Sekedar mampir karena baru pulang dari acara hajatan di rumah kawannya di medan. Tapi ketika di rumah dia mendadak pusing kakinya sakit terus drop tiba-tiba. Akhirnya dia berbaring tiduran. Tapi karena hari sudah malam gak mungkin dia harus pulang sendiri membawa sepeda motor ke rumahnya di binjai yang jaraknya kurang lebih 22 km. dengan kondisi kesehatan seperti itu. Dan karena anak istrinya menanti tidak mungkin juga dia menginap. Diantarlah dia oleh abang saya yang ketiga.
Setelah di telisik kata mama kolestrol dan darah tinggi nya naik, karena saat di acara itu dia makan kari kepala kambing dan hidangan lain yang tinggi kolestrol. Saat itu saya berfikir di umurnya yang masih 28 tahun udah terserang penyakit yang begitu. Apalagi berat badanya cukup gemuk sehingga beresiko tinggi terserang penyakit. Kalau lama-lama pola makanya tidak dijaga bisa – bisa abang saya terkena penyakit jantung. 
Gak kebayang gimana sedihnya, apalagi anaknya baru usia 4 bulan. sebagai jantung keluarga abang saya haruslah lebih menjaga kesehatan jantungnya. Kami pun menyarankan segala macam menu dan pola makan yang bisa mengendalikan kolestrolnya. 
Bak pucuk dicinta ulam pun tiba. Minggu depanya saya diajak kawan untuk ikut ke acara gerakan jantung sehat: indonesia tangkal kolesterol bersama nutrive benecol. Kayaknya kalo kita mau peduli dan ikhtiar akan kesehatan pasti selalu ada jalan. Yang penting buang jauh – jauh rasa malas. Terutama malas bangun pagi wkwkwk.
 
kelas memasak bersama chef Surya
kelakuan usai kelas masak, jadi kelas silat

Pertama kali masuk ke koridor hotel Santika Dyandra Convention Hall saya sudah di sambut dengan aroma masakan chef di booth kelas memasak. Semakin berjalan ke dalam sudah penuh peserta yang cek kolestrol, cek jantung konsultasi kesehatan bersama dokter-dokter dari klik dokter. Semakin ke ujung ada yang asik bergoyang gerakan senam B-FIT 2.0 senam jantung sehat.
senam B-FIT 2.0 yang bisa kamu coba di rumah maupun kantor
Masuk ke convention hall nya kursi depan sudah dipenuhi para orang tua dan panitia cukup friendly  mengatur posisi duduk dan menuntun para lansia  duduk di depan supaya lebih fokus. Berhubung saya masih mudah hesseh jadilah duduk di tengah tapi gak masalah ada layar proyektor jadi teteup bisa memperhatikan materi dari narasumber yang kece-kece. 
Dari pemaparan narasumber, tanpa saya sadari, ternyata ada salah satu kebiasaan buruk saya yang memicu resiko penyakit jantung. Yaitu malas gerak atau istilah keren nya sendentari. Gaya hidup sendentari ini lebih berbahaya memicu kematian dari pada obesitas. Makin ngeri lagi kalo udah obesitas terus sendentari. Double-double deh resikonya. 
Jadi tersindir lah saya yang selama ini lebih sering bekerja didepan leptop. Gerak cuma sebatas melakukan pekerjaan rumah. Dan terakhir olahraga kira-kira 1 bulan yang lalu itupun setelah beberapa bulan absen. 
Seharusnya saya, kamu, kita semua yang merasa sok masih muda harus memulai pola hidup sehat. Hidup sehat yang dimaksud adalah gaya hidup yang aktif dan rutin berolahraga, menerapkan pola makan seimbang rendah lemak jenuh dan kolesterol  serta kebiasaan sehat tanpa rokok dan minuman beralkohol. Hal ini efektif bantu mencegah faktor risiko utama penyakit jantung yang meliputi diabetes mellitus (penyakit gula atau kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), kebiasaan merokok, kegemukan, dan kadar kolesterol tinggi. 
“Kolesterol dan penyakit kardiovaskuler juga terkait oleh proses yang disebut ateroklerosis, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika terbentuk plak pada dinding pembuluh darah arteri. Penumpukan ini mempersempit arteri, sehingga darah sulit untuk mengalir melalui arteri. Plak juga bisa pecah (ruptur) dan memicu terbentuknya bekuan darah dan gangguan aliran darah ini dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung atau stroke. Salah satu faktor utama penyebab ateroklerosis adalah dislipidemia, yaitu peningkatan kadar kolesterol, trigliserida, atau keduanya, atau penurunan kadar HDL dalam plasma darah yang berkontribusi pada perkembangan aterosklerosis,” jelas Dr. Vito A. Damay, Sp.JP, M.Kes, FIHA, FICA-spesialis jantung dan pembuluh darah, Siloam Hospitals Lippo Karawaci, sebagai salah satu narasumber dalam kampanye Gerakan Jantung Sehat:Indonesia Tangkal Kolesterol 2017.

Selain gaya hidup sendentari dan pola makan yang gak sehat, stress jaga memicu penyakit jantung loh. Gimana hubunganya? Jadi ketika kita stress otak akan merespon terhadap stress dengan merangsang kelenjar adrenal mengeluarkan kortisol (hormone stress). Kortisol berlebih akan meningkatkan kolesterol. Kolesterol yang berlebih akan menyempitkan pembuluh darah. Simpelnya saat  otak mencari jalan keluar, membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Tapi karena di pembuluh darah tersumbat oleh kolestrol maka aliran darah ke otak tersumbat dan jadilah serangan jantung. Ayo  jaga jantungmu karena jantungmu jantung keluargamu. Jadi buat para jomblowati, kalo pacar-pacar kalian gak mau menjaga jantungnya gimana dia mau jaga kamu si jantung hatinya? Hesseh… 
Gak sampai disana, rasanya rugi kalau gak mengikuti seluruh rangkaian kegiatan disini, jarang-jarang yekan. Apalagi gratis. Jadilah saya dan kawan-kawan ikutan cek jantung koroner. Hasilnya Alhamdulillah saya tidak beresiko, kolestrolnya cenderung rendah, tensi saya rendah, tapi trigliserida saya cukup tinggi. Waduh saya ternyata beresiko diabetes. Tapi memang iya sih wong pola hidup saya kurang gerak, makan saya banyak. Pantesan selama ini suka drop. 
 
cek jantung
Si mbak yang ngecek tetap nyarankan saya mengkonsumsi nutrive benecol untuk meningkatkan kolestrol baik. Karena didalamnya mengandung Plant Stanol Ester yaitu senyawa dari tumbuhan yang menyerupai kolesterol sehingga mampu menggantikan kolesterol dalam proses penyerapan di usus. Kesamaan bentuk molekul antara Plant Stanol Ester dan kolesterol, menjadikan proses penyerapan kolesterol oleh usus tergantikan. Artinya, proses penyerapan kolesterol akan berkurang, karena tergantikan oleh Plant Stanol Ester
Plant Stanol Ester yang merupakan bahan aktif yang mampu memberikan manfaat kesehatan. Dalam hal ini,telah teruji di lebih dari 70 uji klinis dengan latar konsumen berbeda mampu menurunkan kolesterol hingga 10%-17% jika dikonsumsi rutin selama 2-3 minggu. 
Besok paginya saya pun merubah pola makan saya dengan segelas sereal nutrive benecol, mengganti gula saya dengan diabetasol. Gak mau sehat sendiri saya pun langsung menyarankan abang saya untuk mengkonsumi nutrive benecol juga. Alhamdulillah karena kemarin menang lomba selfie, jadinya dapat rejeki hamper yang berisi nutrive benecol lebih banyak jadi bisa dibagi-bagi. 

Saya aja yang ikutan bahagia, semoga kalian yang berada di kota lainnya bisa ikutan juga. Karena jamin gak bakal nyesel. Gak rugi, catat deh tanggalnya. Karena gerakan jantung sehat : Indonesia tangkal kolestrol akan hadir juga di kota Surabaya (6 Agustus), Makassar (27 Agustus), Bandung (23 September), dan Jakarta (8 Oktober). Ajak semua orang – orang tersayang kalian untuk menjaga jantungnya. Karena kamu adalah jantung keluargamu. More info mampir aja ke www.nutrivebenecol.com

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Duh,agak nganu ya. Semoga jantung dek kyo juga sehat terus ya. Bagilah untuk aku nutrive bennecol nya, juga vocer yang ada gitu, sekalian juga 😁😁

    BalasHapus
  2. sebagai penyuka makan makanann enak yang penting halal, sering lupa kalo makanan juga mesti baik buat tubuh. Cemanalah ni kendalikannya.. paling gak dikurang2i lah sama dibanyakin gerak. eh, btw jadi kita yg mau senam bareng itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngegym apa senam sih? Yg kebayang angkut 2 barbel gitu

      Hapus
  3. Sendentari..baru denger kosakata ini....nambah lagiii....


    Tadi pas buka linknya.yg muncyl.dibawah bacaan kotak kue kyo langsung fotonya si iyik....apa iyik blignya judulnya sama...wkkk



    Trus....cemana efek benecolnya? Abis hadiah lomba selfienya?😁😁😁

    pertiwisoraya.com

    BalasHapus