Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Cegah Berat Badan Naik Setelah Lebaran

 

Tetap Sehat dan Tidak Naik Berat Badan Setelah Lebaran


Setelah berpuasa satu bulan lamanya… (you sing you old) canda.

Bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa ramadan sebulan penuh tidak dipungkiri pasti mengalami penurunan berat badan. Ini terjadi karena asupan makanan & minuman yang dikonsumsi berkurang dan hanya dibolehkan makan minum pada jam – jam tertentu.

Selama berpuasa tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi sehingga berat badan menjadi turun.

Tak heran pada saat bersilahturahmi pada hari raya kerap terlontar “ ih kurusan ya, berhasil berarti nih puasanya”. Namun ada juga yang bilang “makin puasa kok malah makin gendut” percayalah hal seperti itu tidak perlu diambil pusing. Cukup ambil toples nastar lemparkan ke yang ngomong (nastar nya makan aja dulu).

Moment idulfitri adalah moment yang ditunggu-tunggu seluruh umat muslim di seluruh dunia karena merupakan moment kemenangan bagi umat muslim yang telah menunaikan ibadah puasa, membayar zakat fitrah di malam  idulfitri dan saling bermaaf-maafan.

Salah satu alasan disebut kemenangan juga karena umat muslim berhasil berperang melawan hawa nafsu, lapar dahaga yang ada pada dirinya. Bukan berperang dengan orang lain atau negara lain. Dan terbukti perang melawan nafsu diri sendiri inilah yang paling berat ternyata.

 

Lantas bagaimana kita menjaga  berat badan agar tetap stabil dan tidak gendut mendadak pasca lebaran ?

Berikut ini adalah beberapa hal yang pernah saya lakukan dan juga saran dari nutrisionist agar tidak terlalu panik tapi tetap bisa menikmati halal bihalal yang ada.

 


 1. Jangan Dipikirin Nanti Gendut

Rezeki kok ditolak yakan, kalau kita sedang bertamu ke rumah keluarga besar sudah pasti disuguhi segala rupa hidangan mulai yang bersantan seperti rendang, opor, lodeh, lontong medan. Juga  geng manis – manis seperti es sirup, manisan, kue kering, segala macam menu kebanggaan pun keluar.

Lalu bagaimana iman kita menghadapinya ? ya dimakan lah masak diliatin doang kan sayang setahun sekali. Nah loh gak bahaya tah ?

Yups, justru semakin kita merasa bersalah sedangkan mata kita selera otak kita menjadi bingung harus merespon apa. Alhasil membuat terus merasa lapar dan ingin makan karena terbayang bayang tauco udang dirumah nenek itu…

 

2Control Makanan yang Masuk

Justru yang harus kita lakukan adalah ambil dan makanlah menurut kita menu musiman terbaik yang hanya ada selama Hari Raya. Tapi dengan porsi yang secukupnya bukan 'sekenyangnya'. Tujuannya untuk mengobati kerinduan lidah dan kenangan yang diciptakan lewat rasa masakan, apalagi yang hidup diperantauan pasti yang dirindu masakan rumah.

Setelah rindu terobati, usahakan jangan makan berulang / berlebih. Karena akan ada makanan nikmat lain yang menunggu giliran kita makan.



3. Makanlah Secara Sadar

Pernah dengar istilah mindful eating ? Mindful eating adalah pola makan yang melibatkan kesadaran penuh saat kita makan sehingga tercapai kepuasan secara emosi. 

Artinya, saat makan, kamu mengunyah secara perlahan dan secara sadar memperhatikan apa yang dimakan, berapa banyak yang dimakan. Dengan melakukan kebiasaan ini, kita akan terhindar dari makan terlalu banyak dan berhenti sebelum kenyang. Jadi upayakan kita hanya makan 80% daya kenyang. 

 

 

4. Minum Air Putih Sebelum Makan

Minum segelas air putih sebelum makan membuat rasa kenyang datang lebih cepat, sehingga porsi makan pun lebih terkendali.

Ingat lo ya air putih, bukan air putih ditambah sirup ditambah es batu. Wkwkwk

 

5. Puasa Sunnah

Puasa sunnah punya beragam manfaat. Selain mendapatkan pahala dalam mengerjakan puasa sunnah manfaat lain yakni metabolisme tubuh akan kembali menyesuaikan dengan menggunakan cadangan lemak & gula sebagai energi.  metabolisme tubuh kita yang tadinya kaget perlahan Kembali beradaptasi dengan ritme puasa.

 

6. Disiplin dan Bersyukur

Untuk mendapatkan berat badan ideal, pasti membutuhkan usaha yang konsisten dan berkelanjutan bukan dalam sekejap mata bim salabim. Jadi bersabarlah dan lakukan dengan disiplin, baik itu menjalani pola makan sehat maupun rutin berolahraga. 

Tetaplah bersyukur akan anugerah Allah SWT yang telah diberikan kepada kita, karena ada orang yang tubuhnya kurus ingin gemuk tapi gak bisa-bisa begitu juga si gemuk yang  ingin langsing. 

Berapapun timbangan berat badanmu rutinlah bergerak / berolahraga agar tetap fit. 

Terakhir, dengan bersyukur maka Allah akan menambah nikmatmu, jadi nikmati saja.

saya Kyo Rizki Han mohon maaf lahir bathin karena selama ini kerap bertingkah & bertutur yang melukai hati teman-teman. Semoga kita sehat sehat ya, love you




 

 

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Eeeeeh... Pande ya Kyo ngasi tips. Tapi kalau awak terapkan tips ini saat ngekos di rumahnya, bakal gak selamat keluar dari meja makannya. 🤣🤣🤣.

    Buktinya, 3 hari di sini, malah dah naek sekilo aja. Apa itu mindful eating? Gak berlaku itu di KYOYO sini. 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berlaku juga kan mikir sambil makan "ok enak, icip lagi, ah masa sih enak icip lagi begitulah sampe habis"

      Hapus
  2. Makan kunyah perlahan sambil mikir hal-hal yang mengenaskan.
    Mungkin ini cukup membantu

    BalasHapus
  3. Masalahnya Kyo, awak salah satu pelaku meditasi mindfull eating. tapi tetap aja loss control pas puasa liat takjil dan pas lebaran liat barisan para cookies.

    BalasHapus