Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Keluyuran ke Siantar Ngapain Aja ?

 Hanya punya waktu dari minggu pagi hingga senin sore untuk ngeluyur


 

Senangnya orang itu beda – beda yakan. Ada yang  setiap tahun ngelist mau pelesiran ke luar negeri atau ke tempat wisata terkenal dalam negeri yang penting naik pesawat udah bikin dia happy.

Ada juga yang memilih tempat healing sekadar ada sumber air untuk bocil mandi-mandi. berangkatnya dari rumah rombongan naik pick up bawa alat masak bikin bakwan atau bakar-bakar di pinggiran sungai juga sudah bikin seneng serasa berkurang masalah-masalah dunia tapi bertambah cucian kotor. Hehe

Berawal saat ngopi bareng di Kedai Teduh Kenduri Kopi milik teman SMA kami, sambil ngobrol ntah hapa-hapa si kawan sebut saja Eka nyeletuk pingin ngopi di Siantar (memang ada-ada aja dia padahal beselemak kopi di Medan ini). Arya yang baru datang menimpali “kelen mau kesiantar? ayok mumpung kamar kost ku udah diperpanjang” disitu kami mulai atur rencana walaupun yang paling sulit adalah atur jadwal kerja yang shift-shiftan tanpa harus kena surat peringatan.

masak bertiga doang dan aku cewek sendiri hmm mulai kabar-kabari Dwi & Bimo yang modelan OK Gass OK Gass Tabung Gass.

Setelah semua fiks aku mulai pesan tiket kereta api Siantar ekspres  di Aplikasi KAI Access jadwal keberangkatan 11.45 tiba di Siantar 14.38. ongkos nya Rp.22.000.

No Drama No Life

Kami berangkat hari minggu, 25 Februari 2024. Berhubung jadwal kereta api ke Siantar cuma dua kali maka kami ambil keberangkatan pertama. Di hari itu Arya ada agenda jadi Saksi nikah temannya pukul sepuluh pagi, deg deg kan gak tuh.. yang harusnya dijadwalkan pukul sepuluh pagi sampai jam 11.00 WIB Pak Penghulu belum nampak peci nya. Aku kirim e-ticket Arya biar langsung boarding pass karena kami sudah duduk di kereta.

yee gak ada yang mabok

 

11.35 WIB Arya telepon ngabarin sudah di Jl Yosudarso padahal itu jalan Panjang ya sampe Belawan “tolong bilangkan sama petugas suruh tunggu aku bentar lagi nyampe. dalam hati kami emang kau siapa..???  tapi yaudah lah Eka ngabarin petugas boarding pass aku berdiri di pintu gerbong ngabarin Kondektur yang siap – siap tiup peluit .

11.45 WIB lihat situasi sekitaran stasiun gak ada lagi yang naik ke gerbong. Pluit ditiup, kondektur naik, pintu ditutup dan kami pun berangkat. ternyata posisi nih anak udah di stasiun tapi di lantai duanya tempat naik kereta ke Binjai jadi dia kudu turun dulu ke bawah. “pak kereta ke Siantar mana ya ?” itu dek yang baru jalan. 

Tapi dia tidak kecewa sendirian wee, ada 2 perempuan yang juga ketinggalan kereta.

Dia pun langsung nyusul naik KUPJ ke Siantar dari Amplas naik angkot 81 yang lewat depan stasiun. (sat set ya wak). Padahal tadi kami udah bayangin dia lari-lari ngejar kereta kayak adegan film 5 cm.

 

Di Siantar 2 Hari 1 Malam Ngapain Aja ?

Tiba di stasiun siantar kami langsung sholat di musholla stasiun sambil nunggu Arya. Drama Arya gak sampai disitu ternyata, bus KUPJ yang dia naiki  gak ke kota tapi belok ke perbatasan Simalungun padahal dia sudah bilang ke kernet nya minta diturunin di Siantar kota nya. 

Dah lah dia lanjut naik grab ke stasiun untuk jemput kami. setelah semua personil berkumpul langsung naik Gocar ke kost (stasiun - kost Rp. 15.000), bisa aja sih jalan kaki tapi plis lah liat anak orang udah lemes terus kami nenteng-nenteng tas mending cari aman.

 

Ngopi lah masak gak ngopi

Karena tujuan awal ke Siantar karena Eka pingin nyoba ngopi di @dearkopi Siantar jadilah kami jalan-jalan sore ke situ. Lokasi nya gak jauh dari kosan bisa ditempuh jalan kaki syahduh sekali. Tempatnya cozy ada indoor outdoor aku pesan coffee orange menurutku lebih manis mungkin dikira aku cewek yang gak doyan kopi terlalu pahit.
 
sehari sebelum berangkat aku tanya-tanya  @missmarjul putri daerah Siantar rekomendasi tempat makan, penginapan, & tempat menarik yang bisa dikunjungi jadi gak pala buta kali begitu nyampe.

 

Lapangan Merdeka Siantar

 
Selesai ngopi lanjut jalan kaki ke lapangan Merdeka, langsung dihampiri abang odong-odong sambil membawa balon polkadot, serasa dikasih bunga sambil bilang will you pay me?. ongkosnya cuma Rp.5.000 untuk sekali berkeliling rutenya gak terlalu jauh tiba-tiba kok udah nyampe aja wkwkwk. 

 

Sate Garuda jadi Pilihan Makan  Malam


 

Tadinya aku kira apakah burung garuda dijadiin sate atau apa satenya dibawa naik burung garuda?. Ternyata cuma nama doang kayak rumah makan garuda. Harga dan rasa termasuk worth it ayam penyet Rp. 12.000 sate ayam pakai lontong Rp.15.000.

Dari lapmer. ke sate garuda kami jalan kaki modal gmaps, pas cek maps jaraknya 780m oh deket lah ternyata pas dijalanin kok gak nyampe-nyampe wkwkwk. kok kayak waktu jalanin hubungan sama dia.

23.00 WIB Kembali ke kost. Sambil ngobrol besok pagi mau kemana, pilihannya museum, taman hewan, wisata karang anyer, kebun teh. Akhirnya pilihan jatuh ke wisata pemandian mata air karang anyar. Karena taman hewan tiket masuk 35.000 hari biasa udah gak promo gratis lagi, ke museum pasti ditolak secara ini circle beda sama kawan blogger, sedangkan Kebun teh kejauhan waktu gak cukup.

 

Wisata Pemandian Alam Karang Anyar

 

09.00 WIB Singgah dulu sarapan di depan gang. Lanjut naik Maxim 51.000 ke Karang Anyer perjalanan kira-kira 45 menit naik mobil. jaga-jaga kami minta nomor hp driver nya untuk jemput kami kalau gak ada angkot.

Masuk ke Karang Anyar gratis, sewa pondok Rp.30.000, berhubung senin dan masih pagi hanya ada beberapa pondok yang terisi pengunjung. Jadi masih serasa privat pool yang gak pala ekslusif lah.

baru duduk di pondokan langsung disambut atraksi grombolan monyet yang bermain-main di atap pondok seberang, mungkin dipikiran meraka “we we tengok ada orang, mukak kau kayak orang” saling ejek.

tolong jangan buang sampah ke air ya, banyak tempat sampah yang disediakan kok
 

Jangan harap buat video estetik dan sejenis nya keinget aja nggak. Bener-bener cuma ingin menikmati main-main air - bengong - main air lagi dan gak terasasudah pukul sebelas kami bersiap pulang hubungi driver minta jemput.

Mumpung naik ojek online sekalian minta singgah beli oleh-oleh mainstream di Roti Ganda. Terus mau makan siang di Miesop Kak Sri ternyata tutup ok lah lanjut balik ke kost prepare ke stasiun karena jadwal kereta jam 15.10 WIB. Syukurnya di dekat stasiun ada kede miesop yang kenampakan nya bersih tumpukan mie dan bakso di steling nya banyak. pas dicobain rasanya enak walaupun agak lebih asin, enak ditambah nasi.

 


Tadinya mau ngopi dulu Toko Kopi Soeaka, kedai kopi depan stasiun, tapi gak keburu sudah mau berangkat.

Kami gerak pulang ke Medan. Sampai di stasiun Medan pukul 18.22 WIB aku lanjut naik kereta api ke Binjai, Eka lanjut kerja masuk shift malam jam 20.00 WIB , Bimo lanjut ke kios Jus nya karena pelanggan setia sudah menanti. Dwi & Bocilnya dijemput suami. Dan Arya pulang ke rumah tanpa drama.

Begitulah liburan singkat kami gitu aja kami udah senang loh, apalagi beberapa dari kami ada yang belum pernah naik kereta api, berasa anak TK lagi outing gak tuh Excitednya. Btw budget yang kami keluarkan disana mulai tiket pulang-pergi, akomodasi selama di sana, makan dll gak nyampe 200.000 / orang.  

Wajah disamarkan

 

Kalau moda transportasi umum semakin nyaman mudah dan tidak terlalu mahal pasti banyak yang backpackeran dalam provinsi sehingga memajukan perekonomian. gak banyak pungli sadar buang sampah pada tempat nya duh idaman banget.

BTW kalau kalian pernah kemana aja di Siantar ?

 

Posting Komentar

28 Komentar

  1. Kota Siantar is the best, suasananya sejuk, tidak banyak polusi, transportasi yang cukup mudah untuk diakses serta banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.

    BalasHapus
  2. Wah seru kali yah kyo janjalan siantar naik kereta api. Btw disana sudah banyak Ojol kah? Maksudnya kan gak bawa kendaraan pribadi karena naik KA, jalan ke objek2 wisata lainnya bisa naik Ojol atau Betor aja. Aku juga suka kota siantar ini, tiap lewat sana pastilah beli Roti Ganda. Belum pernah ke Karang Anyar, pengen kesana jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fasilitas udah lengkap kak, tinggal bawa uang cash/ewallet, hape paket data, badan sehat wal afiat.

      Hapus
  3. Banyak kak, kami kemana mana naik ojol

    BalasHapus
  4. Sekian banyak kisah yg ku inget cuma "semua ini gara² oom" . Karna tiap Ari kutengok lukanya 🤣

    BalasHapus
  5. Aiyaa... Ngakak sambil keliyepan otakku baca tulisanmu lah Kyo... Tolong diedit lagi ituuuh.. Tolooong🤣

    Kayaknya kalau ke Siantar tujuannya jalan2, yg dikunjungi ya tempat2 tempat2 yang biasa dikunjungi orang2 yang gak pernah ke Siantar.. Haha... Lebih sering karena kondangan, atau arisan atau ya lewat aja.

    Abis baca tulisan ini terasa ngisep perutku...Ee...rupanya belum makan😶

    BalasHapus
  6. Enak Siantar ini ya kan, fasilitasnya juga udah mumpuni, mkanan banyak, wisata alam ga jauh jauh x

    BalasHapus
  7. siantar kota segudang makanan enak wkwk saya klo ke siantar gak pernah skip makanan chinese food hihi dari halal sampai gak halal semuanya maknyussss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, bahkan di medan aja jual makanan dikasiu judul "bakmie khas siantar"

      Hapus
  8. Tapi yang bikin seru setiap perjalanan bukan semata kemana tujuannya tapi dengan siapa kita melakukan perjalanan itu, ya gak Kyo? 😁

    BalasHapus
  9. Aduh sama nih kita kalau ke Siantar pasti nggk lupa ke Sate Garuda . Itu sambal kacang nya emang top cer deh . Selalu nggk ketinggalan. Duh mudah - mudahan balek ke Medan nanti bisa ke Siantar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balek lah bang. Biar gak ilang logat Sumatera Utara abang

      Hapus
  10. Seru keliatannya. Asik mmg klo jalan2 jelas tujuannya 😊, kami setahun sekali wajib k sana juga, krn dr rumah nenek dolok melangir dh gk jauh lg. k sana paling k taman bunga, prnah juga ke zoo nya, mesjid raya, keliling2 kota jg dh pernah. Asri mmg siantar. Klo kata ortu, penuh kenangan 😁

    BalasHapus
  11. Seru kayaknya pake ada acara yang ketinggalan kereta pulak itu wkwkwk. Emang jalan sama para sohib itu gak perlu mewah, janjalan gitu aja udh seneng banget krna kebersamaannya kan yang buat bahagia

    BalasHapus
  12. Murah juga ya abis 200k/orang, ini udah termasuk hotel kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena nebeng di kosan teman bang. Di reddoorz /oyo ada yang 100 ribuan. Tadinya mau booking tapi gak jadi

      Hapus
  13. Wah, kok, nggak ketemu kita, ya, Kyo? Awa orang Siantar juga. Pas pulak tanggal 25 kemarin pulang ke rumah orang tua di Siantar. Belum nyoba Misop Lestari, kan? Mie Goreng Tamsis, Gazebo, Pemandian alam Segar, PulBat (Pulau Batu), Mie Tembok, Mie Gimak Berondok? Hehe. Nanti kalau mau main ke Siantar, ajak², yoo!

    BalasHapus
  14. Bang rudi orang siantar, pas baru nikah ke siantar buat lebaran disana tapi belum pernah diajak ke karang anyer :'( . Sejuk ya rasanya mandi disana, tandai tempat itu lah nanti kalau ke siantar lagi wajib kesana

    BalasHapus
  15. 4 tahun bolak-balik Medan–Siantar, belum pernah ke Karang Anyar wkkwk. Pas keluarga ke sana, Iki lagi enggak bisa. 😭

    BalasHapus
  16. Seruuuu banget kayaknya kak perjalanannya, jadi pengen nyobain solo travel naik kereta api kesana. Tulisan kakak jadi referensi bagus nih untuk itu. Thankyou kak

    BalasHapus
  17. Sebagai orang yang rumahnya dekat siantaar, dan sekolahnya di siantar PADA ZAMANNYA... tentu saja yang masih ada cuma lapmer, museum dan karang anyer. Selebihnya bukan jaman kakak dek, hahaa

    Oiya di siantar ada misop enak, lokasinya dekat ramayana tapi ngga ada nama warungnya. Jadi cemanalah yaa jelasinnya :D

    BalasHapus
  18. Out of the box warung yang jual ayam penyet pake kuah soto ya kak karena biasanya ayam penyet pake kuah sop atau sayur asem..

    BalasHapus
  19. Dua hari budget-nya gak sampe 200k ya kak. Murah bats. Boleh lah ini pan kapan kita keluyuran bareng kak

    BalasHapus
  20. Aih...kangen Siantar. Paling nyaman memang tinggal di Siantar. Seperti di Jogja.

    BalasHapus
  21. Siantar. Aku suka ngopi di KokTong yang legend itu di Jl. Cipto dan Kopi Sedap yang di sebelah Ganda. Dua-duanya kedai kopi legend, jangan heran kalau yang ngopi banyak bapak-bapak, acek-acek. Kopi hitamnya enak, roti bakarnya ga ada lawan. Berhubung kami nonis, maka Siantar termasuk surga untuk wisata kuliner non halal. hehehe

    BalasHapus