Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Resep Keripik Kentang Balado

 

Resep Keripik Kentang Balado

 

Beberapa hari yang lalu beli ayam penyet di dekat rumah. Penjualnya pernah kerja di tempat ayam penyet Jekardah. Lumayan bisa ngerasain ayam penyet versi lebih murah dengan rasa yang sama dan gak jauh jauh. Tapi pas nyampe rumah baru sadar kalau keripik kentang sambel khas APJ itu gak dimasukin. Masak iya balik lagi cuma karena keripik kentang sambal yang krispi asam manis pedas gurih itu? untung sambal nya persis jadi ketolong. 

Keripik Kentang Balado khas APJ

Dari pada harus beli ayam penyet lagi demi keripik kentang balado itu dan udah bosan juga makanin ayam terus. Akhirnya buat sendiri hitung – hitung asah skill pengangguran.

Dan untuk membuat ini ada beberapa teknik yang harus diperhatikan. Mariii kitaaa cobaaaa ….. !!!

 

Bahan keripik :

1 kg kentang

2 sdm cuka

½ kg minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  1.  Kupas kentang rendam dalam air agar tidak browning kayak muke lu ( canda muka)
  2.  Kokrok kentang tipis tipis atau kalau gak punya kokrokan keripik bisa di slice pakai pisau yang tajam ( pelan pelan aja biar tebal nya sama, gak usah belagak kayak chef chef kalau belum mahir nanti bedarah besok besok gak mau masak lagi )
  3.  Setelah itu rendam dalam air yang berisi campuran cuka. Fungsinya agar starch dalam kentang keluar sehingga ketang jadi lebih rapuh seperti hati yang  telah kau sakiti.
  4.  Rendam sekitar 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Tiriskan.
  5.  Goreng kentang dalam minyak panas dan tenggelam. Proses menggoreng ini yang butuh kesabaran, ditungguin dia gak kering – kering. Ditinggal ke Sambu dia gosong.
  6. Setelah kering agak kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Sambil nunggu dingin kita buat sambal nya yok

Bahan sambal : 

10 cabe merah keriting

3 siung bawang merah

3 siung bawang putih             

Blender mereka dengan minyak jangan pakai air ya. Ok sisihkan

Gula merah sekitar 2 sendok makan

2 sdm gula putih

1 sdt garam

Secuil asam potong / asam gelugur, bisa diganti asam jawa

2 lembar daun jeruk, iris iris

2 lembar daun salam

1 sdt kaldu jamur

 


Cara membuat sambal :

  1. Panaskan minyak
  2. Tumis bumbu yang sudah di blender
  3. Masukkan daun jeruk, daun salam dan asam potong
  4.   Aduk terus sampai layu hingga pecah minyak
  5. Masukkan gula, garam, kaldu jamur.
  6.  Tunggu hingga sambal berkaramelisasi ( ada gelembung-gelembung proses dari gula dengan bumbu halus)
  7. Matikan api agar tidak gosong. Dingin kan
  8. Setelah dingin baru lah kentang bisa dimasukkan
  9. Campur dengan sabar biar gak hancur. ( kita kan mau buat keripik kentang balado bukan abon)
  10. Siap di sajikan

Cocok untuk side dish menu Idul Adha kalian (kalau berhasil gak dicemilin sih).

 Selamat mencobaaaaa

Perkiraan Biaya Pembuatan Keripik

 

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Ini adalah satu-satunya item pavorit kalo makan ayam penyet di APJ

    BalasHapus
  2. Udah recook, tapi hasilnya tak sebagus buatan mu kak. Canda bagus🤣

    Thanks resepnya kk, mantul🤩😍👍

    BalasHapus
  3. Makyuss jd Paham deh saya setelah baca resep ini, dan alhamdulillah yang dipakai secuil asam potong/gelugur bukan asam manisny kehidupan😃

    BalasHapus