Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Kenapa Harus Berkunjung ke Museum Perkebunan Indonesia 2 ?

Museum Perkebunan Indonesia II adalah salah satu tempat wisata sejarah di Medan .

 

Kenapa Harus Berkunjung ke Museum Perkebunan Indonesia 2 ?

Banyak orang beranggapan berwisata ke Museum adalah hal yang membosankan karena di dalamnya hanya terdapat pajangan atau diorama koleksi museum yang kuno jadul. Pengunjung museum biasanya anak-anak yang sedang program study tour dari sekolah dengan budget terbatas.

Tapi itu dulu sekali sebelum saya menonton film Night at the Museum yang menceritakan Sosok Larry Daley diperankan oleh Ben Stiller sebagai penjaga Museum pada malam hari dan mengalami kejadian tak terduga yaitu seluruh patung yang ada di Museum hidup sampai matahari terbit. Dari situlah saya tertarik berkunjung ke museum – museum jika sedang melancong ke daerah lain di Indonesia.

Kenapa Harus Berkunjung ke Museum Perkebunan Indonesia 2 ?
Ternyata di kota Medan banyak museum dan tempat bersejarah yang sangat layak untuk dikunjungi. Salah satunya dalah museum perkebunan Indonesia II yang berada di Gedung BKSPPS, Jl.Pemuda, Aur, Medan Maimun.

Musperin II menjadi saksi kejayaan Sumatera Utara pada masa penjajahan sebagai daerah penghasil komoditi tanaman industri berkualitas di Indonesia yang tersohor hingga mancanegara. antara lain tanaman sawit, tembakau, tebu, karet, kopi dan teh.

Benarkah museum adalah tempat yang membosankan ?

Saya menjawab tidak, karena mengunjungi Musperin II seperti masuk ke Lorong waktu apalagi datang bersama rombongan teman-teman dari Blogger Medan Blog M. setibanya di Museum kami registrasi HTM. Rp. 25.000 mendapatkan gelang sekaligus tiket masuk dan souvenir lilin aromatik & teh hasil perkebunan.

Kenapa Harus Berkunjung ke Museum Perkebunan Indonesia 2 ?
 

Kami dipandu oleh kak Annisa yang sangat informatif dan ceria dalam menyampaikan setiap detail kisah koleksi museum, beliau sudah hapal luar kepala dah. Di lantai dasar terdapat cafe AVROS buat kamu yang gak sempat makan atau minum bisa singgah dulu disana, secara museum ini terdiri dari 4 lantai jadi butuh energi supaya bisa on hingga tour selesai.

Setiap koleksi memiliki kisah

Kenapa Harus Berkunjung ke Museum Perkebunan Indonesia 2 ?

Saya sempat berfikir apakah benda-benda ini hidup dan beraktifitas pada malam hari seperti di film? wwkwkkw. Tapi yang pasti setiap koleksi memiliki ceritanya tersendiri. Seperti lukisan yang menggambarkan mess sementara untuk pekerja yang baru tiba di kota Medan sebelum ditempatkan di perkebunan. Terbayangkan betapa sulitnya kehidupan masalalu sebagai pekerja kebun. Apakah dulu nenek kakek saya juga sempat merasakan nya?

Kakek salah satu pekerja kebun yang ditempatkan di perkebunan Langkat, julukan mereka Jakon ( Jawa Kontrak ) berangkat dari pulau Jawa naik kapal laut berbondong-bondong.

Yang Iconic dari Musperin II jam lonceng manual yang dibuat di Prancis lalu dibawa ke Indonesia oleh Belanda sebagai patokan waktu bagi para pekerja. Bunyinya bisa sampai ratusan kilometer tapi kalau sekarang hanya terdengar sampai Restorant Tip Top.


 

Jam ini berbunyi setiap 1 jam sekali bunyi loncengnya disuaikan dengan jumlah jam berapa. Kalau jam 6 sore maka akan berdentum enam kali.

Barang – barang di dalam Gedung bergaya khas Eropa Klasik yang dipakai oleh staf kantor masih asli dari sejak pertama begitu juga dengan bangunan yang belum pernah di renovasi.

 

Kenapa Harus Berkunjung ke Museum Perkebunan Indonesia 2 ?

Saya tidak akan Panjang lebar menjelaskan detail sedikitnya ada 75 koleksi yang dihibahkan oleh Royal Rotterdam Lloyd dan Musperin I yang dihibahkan untuk Musperin II. Supaya kalian datang sendiri ke sini untuk merasakan pengalamanya. kalau bisa ramai-ramai biar seru.

 

Kenapa Harus Berkunjung ke Museum Perkebunan Indonesia 2 ?

 

 

Posting Komentar

13 Komentar

  1. Wahh, bakal jadi tempat yg bakal dituju buat ajakin anak² outing.

    BalasHapus
  2. Berkunjung ke museum itu harus sediakan buku kecil sama baterai hp harus full biar bisa mengabadikan suasana di museum. Ada banyak kisah sejarah di museum.

    BalasHapus
  3. Berkunjung ke museum itu asiik looh, kita bisa lihat koleksi" peninggalan di zaman dahulu
    menambah wawasan jg, karna banyak kisah" sejarah di dlm museum

    BalasHapus
  4. Padahal ya sering lewat gedung ini.. Alhamdulillah udah kesampaian kemari juga. Ga nyangka, kirain museum perkebunan sebatas bahas komoditi perkebunan saja, tapi ternyata aspek terkait perkebunan juga dibahas, dan itu banyak. Staf museum nya juga ramah dan positive vibes

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari luar penasaran isi dalam gedung nya kayak gimana ya. ternyata keren. sudah bisa tidur nyeyak

      Hapus
  5. Sering dilewati tapi belum pernah masuk. Ternyata keren dalam nya. Next jd list kunjungan weekend

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaskeun kak. jadikan list destinasi selanjutnya.

      Hapus
  6. Iya betul, seru jalan2 ke museum karena seperti masuk ke dimensi lampau. Mengenali bagaimana kehidupan di masa itu sampai kita sekarang, bs jadi pembelajaran menarik

    BalasHapus
  7. Lantai 4 meski rada pengap tapi sepertinya jadi tempat foto yang keren, tuh
    Lucu juga foto ala2 pekerja tembakau itu ya, hehee

    BalasHapus