Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Jangan Hapal Pancasila!




 Apa yang ada di benak kalian jika mendengar kata ‘Pancasila’ ? kapan terakhir kali kalian melafaskan Pancasila? Sebagian orang yang masih berstatus pelajar atau guru tidak akan asing dengan Pancasila karena setiap upacara bendera pasti dibacakan oleh Pembina upacara dan diikuti seluruh siswa.

Lantas bagi yang bukan pelajar atau guru? He’em iya memang pancasila bukan ajian sakti yang wajib di baca saat keluar rumah supaya baik jalannya.  Bukan juga untuk di hapal dan dibacakan tengah malam ketika keluar rumah dan terhindar dari begal.

Tapi sadarkah wahai kita bahwa Pancasila itu  merupakan salah satu pilar dari 4 pilar yang membangun Negara Indonesia ini. Yang kalau kita dan ada ribuan masyarakat lainnya lupa, mohon maaf aja ni ya jangan panas kalau ada gesekan dari luar mengancam kestabilan negeri kita terutama dari dunia maya... jadi, Apa saja sih 4 Pilar itu?

1. Pancasila sebagai ideologi bangsa
2. Undang-Undang Dasar 1945
3. Negra Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
4. Bhineka Tunggal Ika.

“oooo panjang “
Nutrisi Kebangsaan

Perlu dipertanyakan buat yang masih tinggal di Indonesia tapi gak mau mempelajari dan mengamalkan pancasila. Mungkin dia perlu di ungsikan ke negeri  Wakanda.

Menurut anak yang katanya gaul padahal nggak “gak eksis banget sih hari gini ngomongin pancasila” lah padahal dia tinggal nya di Indonesia. Kan mintak di gomak kan orang – orang kayak gini.

Terus bagaimana cara memperkenalkan 4 pilar kebangsaan di masyarakat?

Gampang ...

Kita bahkan bisa mulai dari anak SD, misalnya dengan mengajak mewarnai lambang burung garuda kemudian menjelaskan makna setiap simbolnya. Untuk yang remaja bisa dengan lomba yang berhubungan dengan kebudayaan Indonesia, seperti tari-tarian, peragaan busana adat. Menyanyikan lagu wajib , nonton bareng dan lainya.

Jadi buang jauh – jauh deh pikiran kalau mempelajari tentang 4 pilar itu membosan kan.  Harus ikut seminar berjam – jam yang justru pesertanya malah sibuk dengan gadget masing - masing

Intinya sih 4 pilar bukan untuk di hapal tapi di implementasikan dalam kehidupan sehari – hari. Hal ini lah yang mendasari MPR RI dan Blogger Medan mengadakan acara Netizen Gathering Sosialisasi 4 Pilar di Grand Swiss Bel Hotel Medan, Jumat 20 April 2018 lalu. Yang dibawakan oleh Ibu Siti Fauziah (kepala Biro Humas MPR RI) dan Bapak Andrianto (Kepala Bagian Pengolahan Data dan Sistem Informasi, Setjen MPR) sebagai  moderator.

Tak disangka antusias Blogger Medan sangat tinggi, kalau gak ingat waktu sudah jam 22.00 WIB dan rumah jauh bisa lanjut sampai pagi. Berasa jadi remaja keren setelah ikut acara ini, secara yang dibahas tentang pilar kebangsaan sendiri cuy.. karena pada dasarnya setiap warga ingin tinggal di Negara yang nikmat untuk ditinggali.
 
focus ...focus ..

Kalau sudah paham dan mengamalkan 4 pilar kebangsaan , gak lagi – lagi dong yan jadi warga net yang gampang tersulut Hoax terus di share singga viral atau gesekan – gesekan dari luar dan dalam. Kan sudah jadi warga net yang cerdas, keren, gaul yang standby filter.  
foto bersama Ibu Siti Fauziah

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Berasa jadi remaja keren setelah ikut acara ini... Remaja cuy😆.

    BalasHapus
  2. Berasa jadi remaja keren setelah ikut acara ini... Remaja cuy😆.

    BalasHapus