Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Menu Makanan yang Bisa Dibuat Bersama Anak Saat Liburan Sekolah dan Manfaatnya Bagi Kecerdasan Anak

  

menghias donat bersama miss Ade

Liburan Sekolah telah tiba untuk mengisi waktu liburan di rumah, buat orang tua yang lagi gak bisa ajak anak rekreasi ke luar. Tenang Mak, Anak anak masih bisa melakukan keseruan di rumah dengan cara melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan bersama.

Seperti mengikutsertakan dalam pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, menjemur pakaian, dan memasak. Yang penting tetap dalam pengawasan. Bukan, bukan mendidik anak kita jadi pembantu tapi justru banyak manfaat luar biasa dalam aktivitas sehari hari untuk perkembangan motorik anak.

Kita ambil contoh salah satunya yaitu memasak. Yups jadi ceritanya kita lagi ikutan acara masterchef Junior.

Nah berikut adalah beberapa menu yang bisa dibuat bersama anak di rumah

1. Puding

Kita mulai dari yang paling sederhana karena membuat puding tidak membutuhkan bahan yang banyak.

1 bungkus  nutrijell rasa coklat

8 sendok gula pasir

4 gelas air

1 lembar daun pandan

Sejumput garam

Setelah alat dan bahan kita siapkan di meja. Kita hanya memberikan instruksi step by step yang harus dia lakukan.

seperti menggunting bungkus agar agar agar melatih motorik anak, lalu memasukkan gula kedalam panci sesuai jumlah yang ditentukan sehingga anak akan berlatih menghitung.

 saat menuangkan air karena ceretnya agak berat dia kan mencari cara bagaimana agar tidak tumpah. Terakhir kita instruksikan untuk mengaduk bubuk agar supaya tidak menggerindil.

Oh ya Mak, saat merebus biar Mak nya aja yang lakukan ya. Lanjut, Setelah mendidih jangan langsung diberikan pada anak untuk dicetak tunggu 2 – 3 menit lalu mulai cetak.

Berikan cup puding pada anak lalu kita instruksikan berapa cup yang harus kita susun di talam. Sembari menyusun anak akan menghitung sesuai jumlah yang kita instruksikan. 

 



Ini sesi mendebarkan

Saat anak menuang cairan jelly hangat memenuhi cup puding dia akan mencoba melatih keseimbangan motoriknya. Karena dia akan belajar mengatur kecepatan tuangnya, tau kalau terlalu kencang puding akan kepenuhan tak terkendali dan tumpah, maka dia akan memelankan kecepatan tuang nya.

Mak, kalau ada cairan yang menetes di luar cup jangan dimarahi ya. dari situ dia akan belajar berhati hati.

Saya bilang “pudingnya belum dingin, kita harus menunggu dulu baru bisa dinikmati”. Kami pun menunggu puding di kulkas dingin sambil membersihkan alat masak. Rasanya puas sekali

 

2. Menghias Donat

Bagian paling seru dalam membuat donat adalah sesi menghias donat dengan berbagai hiasan seperti coklat seres, springkle , keju atau gula halus.  jadi bisa mengasah kreatifitas anak .

Mamak bisa membuat donat sederhana terlebih dulu atau bisa membeli donat polosan di toko kue. Lalu dihias bersama anak anak. Kebayang keseruan nya saat coklat menempel di tangan anak aka menjilati , mencoklek mengunyah springkle. Celemotan. Lalu merasa Bangka dengan karya nya sendiri.

 

malu malu cemong

3. Memasak Makanan Kesukaan Anak

Ini bisa jadi alternative buat anak yang susah makan. Jadi kita kasih pilihan beberapa makanan kesukaan nya mana yang mau dia buat. Upayakan yang menunya simple ya Mak, misal Setelah itu boleh juga kita ajak anak nya ke kede sampah ( warung jual sayur segar kalau di Medan) untuk membeli bahan nya. biar si anak tau harga dan proses.

Sampai rumah kita percayakan dia dalam menyiapkan bahan, mencuci, kalau kira kira anak kesulitan dalam memotong mamak bisa ambil alih tapi harus izin si anak nya ya “boleh mamak bantu potongkan?” maka dia akan sukarela memberikan tanggung jawab itu pada mak nya.

Intinya semua kegiatan harus didampingi orang tua, karena banyak kejadian anak anak yang tersiram air panas atau terkena panci panas. Duh

Setelah selesai mamak bisa makan bersama dengan anak ala ala makan di restaurant sambil mereview makanan yang tadi sudah dibuat sendiri. Jangan lupa beri apresiasi pada anak ya Mak. Karena mau bagaimanapun bagi mereka ini merupakan hal baru yang pernah mereka lakukan.

yengir girang bisa ngeluarin apem dari mangkuknya

 

Dengan begitu anak jadi lebih menghargai proses dan tidak menyia nyiakan makanan.

Kalau liburan kalian biasanya bikin apa ?

Posting Komentar

0 Komentar